Senin, 22 Agustus 2016

LUKISAN KACA GARAPANE BATUR KITA. FOR SALE !!!!!

lukisan Kaca
klik gambarnya, maka akan muncul siapa pembuatnya
Berdasarkan data yang ada pada Sesi Kebudayaan Kandep Dikbud Cirebon, bahwa seni lukis kaca didaerah Cirebon dimulai pada kira-kira abad 18 yaitu tatkala Sultan Cirebon membuat lambang kebesaran Kraton Cirebon, lambing itu berbentuk Harimau ( macan ) yang dilukis bertuliskan huruf arab ( Kaligrafi ) diatas selembar kaca bening.    Lambang Kraton Cirebon itu dikenal dengan sebutan Macan Ali.
Keindahan lukisan kaca tersebut membuat seniman Cirebon mengembangkannya diluar Kraton kira-kira abad ke 19.   Pada awalnya seni lukis kaca diluar Kraton Cirebon terdapat pada bentuk : sandaran kursi, kaca-kaca jendela / pintu kemudian berkembang pada obyek lukisan yang bernafaskan Islami seperti gambar Ka’bah, masjid, burok bahkan lukisan kaca seperti itu oleh masyarakat di pedesaan disebut pigura ( lukisan berbingkai ) sudah barang tentu karya lukisan kaca itu masih sangat sederhan.
Baru pada abad ke 20 seni lukis kaca mulai berkembang dengan tekhnis pengerjaan yang lebih baik. Sasaran yang menjadi obyek lukisannya seperti wayang kulit dan kaligrafi ( Syahadat, Ayat Kursi, orang Sholat dan sebagainya )

0 komentar:

Posting Komentar